One place to open your mind

Monday, July 16, 2018

Cegah Stroke dengan Lima Makanan Ini

Makanan kaya magnesium.

 Salah satu jenis stroke yang banyak menyerang, khususnya pada orang tua yaitu stroke iskemik. Stroke iskemik adalah stroke yang disebabkan karena cabang pembuluh darah di otak mengalami penyumbatan yang biasanya diakibatkan oleh kolesterol dan racun dalam tubuh seperti radikal bebas.

Selain meminimalkan faktor risiko umum seperti merokok dan stres yang tidak sehat, ternyata hanya dengan mengonsumsi makanan kaya magnesium dapat membantu Anda terhindar dari serangan stroke.

Para peneliti di Swedia Karolinska Institute menemukan bahwa risiko untuk jenis stroke iskemik dapat berkurang hingga sembilan persen dengan mengonsumsi 100 mg magnesium setiap hari.  Dan dengan menambahkan 100 mg magnesium setiap hari dapat mengurangi risiko hingga delapan persen untuk semua jenis stroke.

Tidak diketahui secara pasti bagaimana magnesium dapat mengurangi risiko stroke. Tetapi, para peneliti menyimpulkan bahwa manfaat ini mungkin terkait dengan kemampuannya dalam menurunkan tekanan darah.

Jadi, jika Anda ingin mengurangi risiko stroke, caranya mudah saja. Yaitu, cukup konsumsi makanan kaya magnesium berikut ini.

1. Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan brokoli.

2. Jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Kacang almond dan kacang mete merupakan pilihan kacang yang baik.

3. Produk gandum utuh seperti beras merah, sereal, dan roti gandum yang sangat kaya serat.

4. Kacang polong. Kacang hitam merupakan salah satu sumber magnesium yang sangat baik, menyediakan 120 mg dalam satu cup.

5. Ikan. Tiram dan kerang merupakan sumber magnesium yang baik.

Selain mudah didapat, ternyata jenis makanan di atas menurut penelitian memang sangat kaya akan magnesium. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Mulailah hidup sehat dengan menambahkan menu makanan di atas untuk Anda konsumsi setiap hari.

Sumber: www.drweil.com
0

0 comments:

Post a Comment