One place to open your mind

Thursday, February 23, 2017

Ini Rahasia Umur Panjang Kakek Berumur 256 Tahun

Li Ching Yuen
Menurut Anda, berapakah umur terpanjang manusia di dunia? Jika Anda berpikir 100 atau 150 tahun, mungkin Anda harus mengenal Li Ching Yuen. Dia adalah laki-laki yang memiliki umur terpanjang yaitu hingga 256 tahun.

Berdasarkan sebuah artikel di New York Times tahun 1930, Wu Chung-chieh, seorang profesor dari Chengdu University menemukan beberapa dokumen pemerintahan Cina. Dalam salah satu dokumennya, terdapat sebuah dokumen ucapan selamat ulang tahun untuk Li Ching Yuen yang ke-150 tahun. Dan di dokumen lainnya, ada juga ucapan selamat ulang tahun yang ke-200 untuk Li Ching Yuen pada tahun 1877.

Li Ching Yuen dikabarkan memulai karirnya sebagai seorang herbalis sejak ia berumur 10 tahun. Dia mulai meramu tumbuh-tumbuhan di area pegunungan, dan mulai mempelajari khasiatnya untuk dapat memperpanjang umur. Selama hampir 40 tahun dia mulai melakukan diet herbal dengan mengonsumsi tumbuhan herbal seperti jamur lingzhi, goji berry, ginseng, he shou wu, dan gotu kola.

Pada tahun 1749, saat ia berusia 71 tahun, dia bergabung dengan tentara Cina sebagai guru seni bela diri. Dia kenal sebagai sosok yang dicintai di sekitarnya. Menikah 23 kali dan memiliki anak lebih dari 200 orang.

Menurut Li, rahasia umur panjang dari seseorang adalah jiwa yang tenang, duduk seperti penyu, berjalan sigap seperti merpati, dan tidurlah seperti anjing. Ia mengatakan hal ini kepada Wu Pei-fu, seorang panglima perang yang mengajaknya ke rumah untuk mempelajari rahasia berumur panjang darinya. Li selalu mengatur emosi jiwanya dan berpikir tenang. Hal itu dikombinasikannya dengan beberapa teknik pernafasan yang juga menjadi rahasia untuk memiliki umur panjang. Tentu saja diet herbalnya juga ikut berpengaruh.

Melihat kehidupan Li, rasanya mustahil bisa dirasakan oleh manusia saat ini. Dimana umur panjang dan hidup sehat menjadi suatu hal yang langka. Rata-rata umur manusia saat ini hanyalah sekitar 75 sampai 80 tahun saja. Jika mungkin ada yang bisa mencapai 100 tahun lebih, itu pasti hanya sebagian kecil, dan bahkan hampir mustahil ada yang bisa mencapai 200 tahun.

Tapi pernahkah terpikir bahwa sebenarnya memiliki umur panjang saat ini bukanlah suatu hal yang mustahil. Ada begitu banyak orang-orang di desa yang masih memiliki umur panjang. Rahasianya sangat sederhana. Mereka tidak memiliki tingkat stres yang tinggi, selalu berpikir tenang, menghirup udara yang bebas dari polusi, dan berolahraga secara rutin setiap hari.

Mereka juga tidak pernah mengonsumsi pemanis buatan ataupun buah dan sayur yang mengandung pestisida, tidak makan makanan cepat saji. Bahkan, jika sakit pun mereka tidak memerlukan obat kimia dan antibiotik, cukup tanaman herbal menjadi antibiotik alami bagi mereka. Jika kita semua memiliki pola hidup seperti Li dan mereka maka tidak mustahil kita juga bisa berumur panjang. Kembalilah ke alam dan mulailah hidup sehat dari sekarang.
0

0 comments:

Post a Comment