One place to open your mind

Monday, February 13, 2017

Inikah Gereja Paling Menakutkan di Dunia?


Gereja St. George's
Gereja St. George's yang terletak di Lukova, sebuah desa di Republik Ceko memang sudah sejak lama diabaikan. Tepatnya semenjak atap gereja tersebut roboh pada saat sebuah upacara pemakaman sedang berlangsung di tahun 1968. Sejak peristiwa itu, oleh masyarakat sekitar gereja ini pun dipercaya sebagai sebuah gereja yang telah dikutuk.

Gereja ini pun mulai ditinggalkan selama lebih dari 30 tahun. Sampai akhirnya, gereja yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai gereja berhantu itu berhasil diselamatkan oleh seorang pelajar dari proses pembongkaran. Seorang pelajar jurusan seni, Jakub Hadrava berhasil mengubahnya dari kehancuran menjadi sebuah gereja yang unik dengan berbagai ornamen hantu berkarya seni tinggi.

Setelah direnovasi olehnya, kini gereja ini tampak berbeda dan lebih "menyeramkan". Ornamen sosok hantu berjubah putih tampak memenuhi seluruh bangku dan lorong di gereja yang dibangun pada tahun 1352 tersebut. Berbagai sosok makhluk gaib dengan kain dan pencahayaan yang begitu tepat membuat tempat ini tampak sangat menakutkan.

Inikah-gereja-paling-menakutkan-di-dunia
Hadrava mengatakan kalau sosok-sosok hantu yang dibuatnya itu merupakan para Sudeten Germans yang hidup di Lukova sebelum Perang Dunia II. Dan dahulu, mereka selalu datang ke gereja ini untuk berdoa pada setiap hari Minggu.

Berkat jasanya, kini gereja ini bukan hanya menyeramkan tapi juga dianggap memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Bahkan, saat ini banyak donasi yang diterima untuk proses renovasi. Baik dari masyarakat lokal, wisatawan, sampai para pecinta seni. Mereka semua berharap gereja ini tetap ada dan selalu terbuka sampai di masa-masa mendatang. Berani mengunjunginya?
0

0 comments:

Post a Comment