One place to open your mind

Monday, February 13, 2017

Atasi Masalah Sulit Tidur Ternyata Mudah

Ilustrasi berkemah
Apakah Anda merupakan orang yang mempunyai masalah dengan tidur? Merasa sulit untuk tertidur atau sulit tidur dengan nyenyak di malam hari? Jangan khawatir, karena sebuah penelitian terbaru menemukan cara mudah untuk mengatasinya.

Prof. Kenneth Wright dari University of Colorado Boulder mengatakan bahwa menghabiskan akhir pekan dengan berkemah dapat membantu memperbaiki pola tidur seseorang. Penelitian menjelaskan bahwa tubuh memiliki jam biologis yang memiliki respon kuat dan cepat terhadap perubahan cahaya. Tinggal di tengah lingkungan kehidupan modern dapat memperlambat ritme circadian secara signifikan. Dan, perlambatan ritme ini dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Tetapi dengan hal kecil seperti berkemah di akhir pekan dapat memperbaiki itu semua.

Terkait hal tersebut, baru-baru ini Current Biology juga merilis dua jenis penelitian. Dimana satu kelompok orang diajak untuk menghabiskan akhir pekan mereka dengan berkemah di Colorado's Eagle's Nest Wilderness dan sekelompok lainnya berkemah di belakang rumah mereka. Kedua objek penelitian ini sama-sama tidak diizinkan untuk menggunakan alat penerangan apapun kecuali api unggun. Selama percobaan berlangsung, mereka diberikan alat pengukur cahaya untuk memastikan bahwa cahaya yang mereka dapatkan sama. Setelah dua hari berlalu, para peneliti kemudian melakukan serangkaian tes untuk mendapatkan hasil yang lebih detail.

Pola tidur seseorang dibentuk oleh melatonin, yaitu hormon yang mempersiapkan kondisi tubuh untuk tidur dan berkaitan dengan ritme circadian. Produksi hormon ini ternyata tergantung dari cahaya yang ada di sekeliling kita. Dan cahaya alami dapat meningkatkan produksi melatonin sehingga membuat kita mudah tertidur dan mendapatkan tidur yang berkualitas.

Mungkin ada beberapa orang yang merasa sulit untuk bisa berkemah atau tidur dengan cahaya alami seperti api unggun atau di bawah cahaya bintang, dan para ahli memberikan sedikit solusi untuk hal ini. Berusahalah untuk mendapatkan cahaya alami dan matikan perangkat ponsel Anda paling tidak satu atau dua jam sebelum tidur. Hal ini dapat membantu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, yang tentu saja bisa membuat kita hidup lebih sehat.
0

0 comments:

Post a Comment