One place to open your mind

Tuesday, March 7, 2017

Usia 10 Tahun Gadis Ini Berhasil Menjadi Seorang Programmer


Isabel Sieh
Banyak dari kita yang berasumsi kalau anak kecil hanya bisa menghabiskan waktu mereka untuk bermain dan menonton kartun, ternyata asumsi itu tidak sepenuhnya benar. Karena hal ini tidak berlaku bagi Isabel Sieh, yang sudah berhasil menjadi seorang programmer sejak berusia 10 tahun.

Isabel Sieh adalah seorang anak wanita yang berasal dari kota Antipolo, Filipina. Sejak usianya 10 tahun dia sudah mulai kenal dan mempelajari tentang koding dan pemrograman. Ketertarikannya pada dunia koding membuat gurunya selalu memotivasi ia untuk menekuni minatnya ini.

"Saat saya berusia 10 tahun, guru saya menyadari kalau saya sangat tertarik pada pelajaran matematika. Dan dialah yang menyarankan saya untuk memulai mengenal tentang koding. Dia menunjukkan sebuah website yang dikenal dengan nama Code Academy," ucapnya mengenang saat pertama kali ia mengenal tentang koding dan pemrograman.

Selain gurunya, orang tua Isabel pun tidak kalah kooperatif. Selain mendapatkan berbagai informasi tentang koding dari website, ibunya juga membayar guru privat untuk membantu Isabel belajar lebih banyak lagi tentang program komputer. Sampai akhirnya, di usia 10 tahun Isabel sudah mempelajari tentang Hypertext Markup Language (HTML) dan JavaScript.

Pencapaian Isabel yang lebih luar biasa adalah di usianya yang baru 10 tahun dia berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang diberinya nama "Girls Will Code". Harapannya, dengan berdirinya lembaga ini dia dapat membantu mengajarkan gadis-gadis lain seusianya yang tertarik dengan pemrograman dan koding. Tujuannya yang lebih luas adalah untuk mendorong agar sekolah-sekolah bisa mengajarkan siswa-siswanya tentang dasar-dasar programming atau paling tidak menjadikannya sebagai salah satu ekstrakulikuler di sekolah.

Dan sekarang, saat usianya telah menginjak 13 tahun, Isabel sudah mulai berkeliling mendatangi sekolah-sekolah untuk berbagi tentang minatnya kepada anak-anak lain. Dia biasanya menggunakan Scratch Jr, sebuah program yang secara spesifik membantu anak-anak belajar tentang koding dan pemrograman dimana mereka dapat membuat cerita interaktif dan permainan sendiri.

Menurut Isabel, mempelajari tentang program dan koding sama seperti mempelajari bahasa. Semakin cepat dipelajari, akan semakin cepat dikuasai. Isabel pun telah membuktikan bahwa tidak ada kata terlalu muda untuk belajar. Dan pemrograman komputer bukan hanya untuk laki-laki, tapi anak perempuan pun bisa menguasainya.
0

0 comments:

Post a Comment